Search

Begini Cara Berinvestasi di Tengah Tren Unik Konsumsi Gen Z - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa ahli mempertimbangkan bahwa kelompok generasi Z (Gen Z) dapat secara dramatis mempercepat atau mengubah tren konsumen.

Mereka dapat berinvestasi dengan baik seiring bertambahnya usia.

Menurut laporan Bank of America (BofA) baru-baru ini, Gen Z yang didefinisikan sebagai generasi yang lahir antara 1996 dan 2016, akan menjadi generasi paling mengganggu yang pernah ada.


Mereka sekarang ini memasuki dunia kerja untuk pertama kalinya, dan BofA mengatakan pendapatan mereka akan melampaui pendapatan milenial pada 2031, dengan "The Great Wealth Transfer" dari kelompok yang lebih tua hanya menambah kekuatan konsumen mereka, seperti dikutip dari CNBC.

Dalam podcast baru-baru ini oleh konsultan manajemen McKinsey & Company yang membahas tentang bagaimana generasi ini mengubah masa depan belanja, Bo Finneman, mitra di perusahaan tersebut, mengatakan bahwa seiring populasi Gen Z akan mencapai skala besar dalam 10-15 tahun ke depan.

Jadi, bagaimana mengidentifikasi dan berinvestasi dalam tren konsumen yang dibentuk oleh Gen Z? Berikut paparannya, seperti dilansir dari CNBC Make It.


Lihatlah Indeks Saham

Salah satu cara paling mudah untuk mengukur tren konsumen adalah dengan melihat apa yang membentuk indeks pasar saham, kata Carsten Menke, kepala penelitian generasi di bank swasta Julius Baer kepada CNBC.

"Pada akhirnya, komposisi indeks ekuitas seperti S&P 500 merupakan mirror image bagaimana konsumen membelanjakan uangnya," jelasnya.

Menurut Menke, bagian dari yang disebut saham "FAANG" - Facebook, Amazon, Apple, Netflix, dan Google (Alphabet) - telah berkembang pesat. Itu karena banyak orang membelanjakan lebih untuk area layanan seperti Al, streaming video, dll.

Lebih dari setengah dari 9.800 remaja AS yang disurvei dalam survei dua tahunan oleh bank investasi Piper Sandler, mengatakan Amazon adalah situs web e-commerce favorit mereka.

Lebih dari empat perlima memiliki iPhone dan 89% mengharapkan iPhone menjadi ponsel mereka berikutnya, yang menurut Piper Sandler adalah yang tertinggi sepanjang masa dalam 20 tahun sejarah survei.


Teknologi

Banyak investor profesional telah memperingatkan tentang kenaikan harga saham perusahaan teknologi besar, membandingkan penilaian mereka yang meningkat dengan gelembung dotcom pada 2000, menunjukkan bahwa mereka hanya dapat naik jauh lebih tinggi.

Namun, Peter Garnry, Kepala Strategi Ekuitas di Saxo Bank, menyarankan bahwa pertumbuhan ini masih dapat berlanjut untuk beberapa waktu, mengingat investor yang lebih muda sebenarnya tidak melihat valuasi saham-saham tersebut, melainkan membeli perusahaan berdasarkan narasi, cerita, dan tema.

Video game adalah sektor lain yang memiliki posisi tepat untuk mendapatkan keuntungan dari daya beli konsumen Gen Z yang meningkat, dengan laporan BofA menunjukkan bahwa mereka mewakili 90% pengguna industri.


Keberlanjutan

Peran keberlanjutan dalam membentuk perilaku konsumen generasi muda, dan bagaimana hal itu mendorong pertumbuhan atau kematian perusahaan tertentu, adalah tema investasi yang mapan. Laporan BofA menyoroti beberapa area yang mengalami perubahan penting.

Ini termasuk konsumsi daging, di mana laporan mengutip temuan Euromonitor bahwa Gen Z adalah kelompok pertama yang mayoritas orang mematuhi beberapa jenis pembatasan daging.

Menke menunjukkan Beyond Meat saat ini adalah satu-satunya perusahaan yang murni beroperasi yang tersedia untuk berinvestasi di pasar saham.

Menke juga mengatakan bahwa bagi perusahaan-perusahaan makanan sangat penting untuk memahami bagaimana perilaku konsumsi konsumen berubah agar tidak ketinggalan.

Ini juga berlaku untuk perusahaan yang memproduksi kendaraan listrik dan juga bisnis seperti Uber dan Lyft, yang menyediakan layanan mobilitas, katanya.

Penelitian Bank of America menunjukkan bahwa hanya 31% dari usia 18-34 tahun yang mempertimbangkan untuk membeli mobil pada tahun depan, sementara juga mengutip data Euromonitor yang menunjukkan bahwa rumah tangga termasuk orang berusia 15-29 tahun mengklaim memiliki kendaraan listrik paling banyak digunakan dari segala usia.


Berinvestasi Menurut Negara

Populasi warga tua di pasar maju versus populasi warga muda yang tumbuh di pasar negara berkembang telah dibicarakan selama beberapa waktu.

Laporan BofA menyoroti bahwa sembilan dari 10 Gen-Z yang tinggal di pasar negara berkembang, termasuk India menonjol sebagai negara Gen Z yang terkemuka. Sementara itu, Eropa adalah benua pertama yang mencapai "masa muda puncak", dengan lebih banyak orang berusia di atas 65 tahun daripada di bawah 15 tahun, sebuah pencapaian yang diperkirakan dialami AS pada 2022.

Meskipun mungkin tergoda untuk berinvestasi di negara-negara sesuai dengan perubahan demografis, Peter Garnry dari Saxo Bank mengatakan bahwa kenyataannya tidak sesederhana itu.

Globalisasi telah membuat pasar di berbagai negara jauh lebih tersinkronisasi, jadi banyak perusahaan terbesar di setiap indeks ekuitas adalah multinasional menurut definisi, kata Garnry.

Di beberapa negara berkembang, dia mengatakan investor mungkin juga masih kesulitan mengakses pasar saham tersebut atau menghadapi masalah dengan tata kelola perusahaan.

Garnry juga menunjukkan bahwa beberapa perusahaan yang terdaftar di negara maju akan menawarkan akses ke pasar negara berkembang. Misalnya, dia mengatakan bahwa Jumia Technologies adalah perusahaan yang berbasis di Berlin, Jerman, terdaftar di AS tetapi memberikan layanan e-commerce ke Afrika.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
December 29, 2020 at 01:25PM
https://ift.tt/38JdOIt

Begini Cara Berinvestasi di Tengah Tren Unik Konsumsi Gen Z - CNBC Indonesia
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Begini Cara Berinvestasi di Tengah Tren Unik Konsumsi Gen Z - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.