Search

Tren di Kalangan Anak Muda, Naik Gunung Jadi Sarana untuk Lebih Mengenali Jati Diri - Radar Jember - Radar Jember

Belakangan ini, aktifitas outdoor tengah menjadi tren gaya hidup bagi kalangan muda. Salah satu yang menjadi pilihan favorit adalah mendaki gunung. Sebagian orang menjadikan itu sebagai kebutuhan hidup. Sebab, mereka dapat belajar langsung dengan alam. Bahkan, mendaki gunung dipercaya bakal mengajarkan setiap orang untuk mengenal jati dirinya. Entah itu pemalas, egois, penyabar dan sifat lainnya.

Bagaimana tidak, proses pendakian gunung itu mengajarkan bahwa mencapai puncak keindahan perlu dilalui dengan perjalanan, bahkan perjuangan. Di saat itu, para pendaki gunung diuji mentalnya oleh alam. Misalnya pemarah, penyabar, pemalas dan seterusnya. Gambaran sifat itu dipercaya bakal muncul saat proses pendakian. Meskipun sebelumnya tidak pernah mengeluarkan karakter demikian.

Alasan itu yang menjadi motivasi bagi pecinta alam untuk menaklukkan gunung. Salah satunya yang dilakukan oleh Fathorrahman Hidayah, seorang pendaki gunung asal Kelurahan Nangkaan, Bondowoso. “Mendaki gunung itu berarti belajar dengan alam, bahkan kami percaya di sana (pendakian, Red) ada proses belajar mengenal jati diri,” ungkapnya.

Setiap kali mendaki gunung, misalnya Gunung Ijen Bondowoso, dia banyak menemukan karakter dirinya sendiri. Hal itu biasanya terjadi saat perjalanan mendaki. Di antaranya, rasa kepedulian antar teman, tidak meninggalkan satu sama lain, serta bersabar menjalani langkah demi langkah untuk mencapai puncak. “Sampai saya sendiri pun mempunyai prinsip bahwa mendaki gunung adalah salah satu cara untuk mengenal jati diri saya sendiri,” katanya saat ditemui Jawa Pos Radar Ijen.

Selebihnya, mendaki gunung menurut Oong, panggilan lapangnya, juga dapat membangun kecintaan terhadap konservasi alam. Banyak bentukan alam yang cukup indah untuk tetap dijaga kelestariannya. Sehingga, tidak heran jika mendaki gunung bukan sekadar hobi, namun kebutuhan hidup. “Kadang, kalau sudah tidak ada yang bisa diajak mendaki, saya ajak orang-orang yang belum pernah mendaki gunung, saya kasih tau ilmunya, agar mereka jug mengenal alam,” tuturnya. (mun/sil)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
September 17, 2023 at 10:00AM
https://ift.tt/f75o6kT

Tren di Kalangan Anak Muda, Naik Gunung Jadi Sarana untuk Lebih Mengenali Jati Diri - Radar Jember - Radar Jember
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/Fafx9v4
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren di Kalangan Anak Muda, Naik Gunung Jadi Sarana untuk Lebih Mengenali Jati Diri - Radar Jember - Radar Jember"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.