Search

Sandiaga Uno Ungkap Bisnis yang Akan Tren ke Depan - Akurat.co

AKURAT.CO, Pengusaha nasional Sandiaga Salahudin Uno mengatakan bahwa orang yang ingin memulai usaha harus melihat tren dalam menjalankan bisnisnya. Bahkan, harus bisa membaca sesuatu yang akan tren 5 hingga 10 tahun ke depan.

“Jadi jangan lihat tren sekarang tapi lihat tren 5 sampai 10 tahun ke depan. Nah saya selalu bilang ini yang disebut sebagai ‘unstopable global trend’. Bahwa ada sesuatu yang tidak terhentikan,” kata Sandiaga Uno, Jumat (23/10/2020).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mencontohkan, pada tahun 1997 lalu terjadi krisis di Indonesia. Namun setelah krisis itu, bisnis energy teruatama yang berbasis sumber daya alam justru menjadi tren kala itu.

baca juga:

“Waktu itu tumbuh dan berkembang bisnis di perkebunan sawit, batu bara dan lain sebagainya. Setelah itu trennya adalah infrastruktur,” ungkap Sandi.

Namun kata Sandi, saat ini dan ke depan tren bisnis akan berubah. Setidaknya ada beberapa tren bisnis yang akan tren hingga 5-10 tahun ke depan menurut Sandiaga Uno.

“Nah saya bocorkan aja sekarang bahwa kita sudah tahu tren kedepan paling tidak tiga tren besar dunia sekrang yang unstopable yang akan sampai juga ke Indonesia,” ucapnya.

Pertama, yakni digital disrupsi. Sandi mengatakan boleh saja seorang menggeluti dunia bisnis pakaian. Namun dia harus masuk ke dalam ekositem digital.

Kedua data revolution, bahwa semuanya ini akan terhubung dengan kemampuan kita mengelola data dan menganalisa data, jadi bisnis kedepan akan sangat bergantung terhadap data.

“Traveloka misalnya, ini kita pikir wah bisnis travel lagi jatuh, tourism, pariwisata lagi jatuh, pasti lagi susah. Ternyata mereka baru akan mendapat komitmen pasti pemodal-pemodal besar karena kemampuan mereka mengelola data dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang lain misalnya di bisnis keuangan, multi finance, atau malah di bisnis kesehatan. Itu dari data yang mereka kelola dengan baik,” jelasnya.

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
October 24, 2020 at 01:10AM
https://ift.tt/3ooa85W

Sandiaga Uno Ungkap Bisnis yang Akan Tren ke Depan - Akurat.co
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sandiaga Uno Ungkap Bisnis yang Akan Tren ke Depan - Akurat.co"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.