Search

Terpopuler - Trump Yakin China Tak Punya Banyak Pilihan

INILAHCOM, Paris - Presiden Donald Trump mengatakan pada KTT G-7 pada hari Senin (26/8/2019) bahwa h tulus tentang keinginan untuk membuat kesepakatan perdagangan dengan Amerika Serikat.

Trump, berbicara bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron pada konferensi pers bersama, mengatakan ia berpikir Beijing ingin membuat kesepakatan "sangat buruk."

"Saya tidak yakin mereka punya pilihan" tetapi untuk berurusan dengan AS, apakah mereka jadi mau atau tidak, tambahnya.

"Aku tidak mengatakan itu sebagai ancaman."

Sebelumnya Senin, Trump mengatakan pejabat perdagangan AS menerima panggilan semalam dari China mengatakan Beijing siap untuk kembali ke meja perundingan seperti mengutip cnbc.com.

"China menyebut tadi malam orang-orang perdagangan utama kita dan berkata. "Ayo kembali ke meja," jadi kita akan kembali ke meja dan saya pikir mereka ingin melakukan sesuatu. Mereka telah terluka sangat parah tetapi mereka mengerti ini adalah hal yang benar untuk dilakukan dan saya sangat menghormatinya. Ini adalah perkembangan yang sangat positif bagi dunia," kata Trump.

"Saya pikir kita akan memiliki kesepakatan," tambahnya.

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang mengatakan dia tidak mengetahui bahwa panggilan telepon antara kedua pihak telah terjadi. Dan Hu Xijin, pemimpin redaksi surat kabar milik pemerintah China, Global Times, membantah bahwa para negosiator telah menahan panggilan telepon yang dijelaskan Trump.

"China tidak mengubah posisinya. Tiongkok tidak akan menyerah pada tekanan AS," kata Hu, yang secara luas dipandang sebagai juru bicara untuk pengiriman pesan Beijing.

Ditanya di G-7 tentang laporan bahwa China menyangkal panggilan itu terjadi, Trump membentak: "Orang Cina tidak mengatakan itu!"

Trump menegaskan bahwa AS memiliki "banyak panggilan" di tingkat tertinggi dengan China tetapi tidak akan menguraikan rincian panggilan.

Perang perdagangan antara kedua negara adikuasa ekonomi telah meningkat tajam pada hari Jumat karena kedua belah pihak menampar tarif lebih banyak pada ekspor masing-masing.

Sebelum berangkat ke G-7, Trump mengatakan ia akan menaikkan bea yang ada atas US$ 250 miliar pada produk-produk Cina menjadi 30% dari 25% pada 1 Oktober. Selain itu, katanya, tarif atas barang-barang China US$300 miliar lainnya, yang mulai mengambil berlaku pada 1 September, sekarang akan menjadi 15%, bukan 10%.

Langkah-langkah itu merupakan pukulan terbaru dalam perang dagang ketat yang telah menakuti para investor dan menimbulkan kekhawatiran bahwa ekonomi global akan turun ke dalam resesi.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Trump Yakin China Tak Punya Banyak Pilihan : https://ift.tt/2zz8lDf

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Trump Yakin China Tak Punya Banyak Pilihan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.