Jakarta, CNBC Indonesia - Pembayaran menggunakan gawai digital telah menjadi fenomena yang sangat lumrah dalam transaksi ekonomi di masa ini. Masyarakat Indonesia semakin aktif menggunakan pembayaran digital yang sifatnya lebih cepat, mudah, sekaligus murah.
Salah satu pembayaran digital yang kini sering digunakan adalah Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Seiring dengan upaya regulator dan industri keuangan mendorong inklusi keuangan nasional, penggunaan QRIS pun meningkat.
Masyarakat semakin nyaman dalam penggunaan QRIS yang semakin mudah karena mampu menjangkau berbagai merchant dengan aplikasi mobile banking dan dompet digital terintegrasi.
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengapresiasi peran perbankan nasional yang proaktif dalam pertumbuhan kinerja transaksi QRIS hingga sejauh ini. Selain memperkuat sistem back end, perbankan nasional aktif melakukan berbagai program sosialisasi yang membuat masyarakat semakin nyaman bertransaksi menggunakan QRIS.
"Ke depan, sejalan dengan upaya untuk terus mendorong pemulihan ekonomi nasional, BI terus mengharapkan dukungan perbankan untuk mencapai tambahan sebanyak 15 juta pengguna QRIS baru sekaligus meningkatkan jumlah trasaksinya di tahun 2022," kata Erwin dalam siaran resmi, Selasa (5/4/2022).
Sementara itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI)juga membukukan pertumbuhan transaksi QRIS seiring dengan meningkatnya konsumsi masyarakat. Dengan keungunggulan system back end, BNI mampu memproses transaksi lebih cepat, serta cakupan merchant yang semakin luas.
Adapun, BNI telah melakukan akuisisi merchant QRIS lebih dari 1,6 juta. Total volume transaksi QRIS BNI mencapai Rp 297 miliar per Maret 2022, naik signifikan dari awal optimalisasi penggunaan QRIS di Agustus 2021 yang tercatat Rp 14,9 miliar. Total transaksi QRIS bulanan BNI per Maret 2022 tercatat 1,5 Juta, naik dari Agustus 2021 tercatat 140 ribu.
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menuturkan perusahaan selalu berupaya memastikan keandalan dan respons dari QRIS dalam menunjang kecepatan dan kenyamanan transaksi nasabah. Dengan begitu transaksi digital, terutama melalui QRIS bisa terus mendorong transaksi semakin kuat di masa pemulihan ekonomi tahun ini.
Di samping itu, BNI mengakuisisi merchant yang menjadi favorit masyarakat, sehingga menstimulasi pertumbuhan jumlah penggunaan serta volume transaksi.
"Tentunya, tren ini akan kami jaga dan terus kami tingkatkan lagi. BNI terus memudahkan masyarakat untuk bertransaksi di pasar, pintu parkir, donasi tempat ibadah, hingga loket pembayaran pajak dengan mendigitalkan prosesnya dengan akseptasi QRIS," ujar Royke.
Dia pun optimistis dengan semakin banyak tempat pembayaran QRIS ini, kinerja transaksi QRIS ini akan lebih meningkat lagi sehingga mampu membantu pemerintah dalam mewujudkan inklusi keuangan masyarakat.
[Gambas:Video CNBC]
(rah/rah)
"tren" - Google Berita
April 05, 2022 at 03:55PM
https://ift.tt/WgqBsM5
Buat Pembayaran Mudah, Tren Transaksi QRIS Tumbuh Makin Kuat - CNBC Indonesia
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/RhLID14
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Buat Pembayaran Mudah, Tren Transaksi QRIS Tumbuh Makin Kuat - CNBC Indonesia"
Posting Komentar