Search

Tren Kasus Positif Covid-19 di Sumut Kembali Meningkat - Okezone

MEDAN – Setelah sempat menurun pada awal pekan lalu, pertambahan jumlah kasus Coronavirus Disease (Covid-19) di Sumatera Utara, kembali menunjukkan tren peningkatan.

Jika pada Sabtu, 2 Mei 2020 lalu, jumlah pasien kasus positif Covid-19 di Sumut hanya 117 orang, maka pada Minggu 3 Mei 2020 bertambah 7 orang menjadi 124 orang.

“Hari ini bertambah lagi 5 orang menjadi 129 orang. Jadi kembali ada tren peningkatan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, Senin (4/5/2020).

Dari 129 orang yang positif terjangkit Covid-19 itu, sebanyak 41 diantaranya telah sembuh. Lalu ada sebanyak 13 orang yang meninggal dunia.

 Korban Covid-19

Jumlah korban sembuh dan meninggal dunia ini tidak berubah sejak Sabtu, 2 Mei 2020 lalu. Begitu juga dengan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih tetap 162 orang. Namun penambahan kasus positif baru, sebut Aris, tentunya menjadi sesuatu yang harus dikhawatirkan.

“Untuk itu, kembali diingatkan agar kita lebih banyak menahan diri tidak keluar rumah. Kalaupun harus keluar rumah, sebisa mungkin hindari tempat-tempat umum seperti stasiun, pasar dan jangan lakukan perjalan jauh. Karena, tidak bisa kita tahu siapa pembawa virus. Orang yang tampak sehat pun bisa membawa virus atau disebut Orang Tanpa Gejala (OTG),” ujarnya.

Aris menekankan, agar masyarakat mulai beralih menggunakan layanan dan aplikasi online. Apalagi, saat ini sudah banyak layanan dan program yang menyediakan jasa online. Seperti belanja online, bahkan aplikasi kesehatan medis untuk konsultasi kesehatan.

“Jadi, tidak perlu ke rumah sakit yang berpotensi membuat anda terpapar Covid-19 saat menuju ke rumah sakit atau saat mengantri di rumah sakit,” ucapnya.

GTPP Covid-19 sendiri sudah mengerahkan berbagai cara maksimal untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Salah satunya yakni melakukan pengujian sampel secara masif, pelacakan agresif, hingga isolasi secara ketat.

“Terkait pengujian sampel, GTPP Sumut telah mengirimkan 855 sampel ke laboratorium PCR USU dan yang belum keluar hasilnya sebanyak 291 sampel. Untuk Litbangkes telah dikirimkan 930 sampel, tinggal 42 yang belum ada hasilnya,” tandas Aris.

(wal)

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
May 04, 2020 at 09:29PM
https://ift.tt/3dfo7op

Tren Kasus Positif Covid-19 di Sumut Kembali Meningkat - Okezone
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Kasus Positif Covid-19 di Sumut Kembali Meningkat - Okezone"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.