OLX mengeluarkan data adanya penurunan jumlah permintaan (pencarian) mobil di platformnya sekitar 40 persen, di minggu pertama bulan Ramadan (23 April 2020) dibandingkan data pada 5 Maret 2020, beberapa hari setelah kasus virus korona pertama di Indonesia diumumkan. Periode yang sama, data juga menunjukkan adanya penurunan sekitar 30 persen jumlah listing mobil di platform.
Direktur Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman, menjelaskan penurunan ini sudah diduga akan terjadi di tengah kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpukul akibat pandemik ini. Menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya jumlah permintaan atas mobil.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
"Dengan adanya ketidakpastian ekonomi ini, kami memperkirakan kondisi ini akan terus terjadi sepanjang sisa bulan Ramadan 2020 ini. Situasi ini berbeda dengan Ramadan 2019 lalu dimana jumlah permintaan terus meningkat hingga minggu ketiga Ramadan. Sejalan dengan jumlah permintaan, jumlah listing Ramadan tahun lalu juga sempat mengalami peningkatan dan relatif stabil selama bulan Ramadan 2019,” ujar Ichmeralda Rachman melalui keterangan resminya.
Meski terjadi tren penurunan jumlah listing dan jumlah permintaan tipe-tipe mobil, namun tipe mobil MPV dari merek mobil Jepang masih menjadi mobil yang paling dicari di situs mereka. Dengan jumlah keluarga yang cenderung besar dan terbiasa hidup secara komunal (memiliki komunitas), masyarakat Indonesia lebih menyukai mobil yang memiliki kapasitas besar dan multiguna.
“Toyota Avanza dan Toyota Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul oleh Honda Jazz dan Daihatsu Xenia. Kecenderungan merek mobil ini konsisten sebelum dan semasa pandemik virus corona ini,” tambah Ichmeralda.
Data yang disajikan juga menunjukkan meski terjadi tren penurunan jumlah listing dan jumlah permintaan mobil, namun tren harga tidak berubah signifikan. Harga rata-rata listing yang ada di OLX pada minggu pertama Ramadan (23 April 2020) berada pada angka Rp 193 juta, hanya menurun sekitar 5 persen dari harga rata-rata listing pada 5 Maret 2020. Sementara itu, periode yang sama, harga rata-rata pada permintaan mobil bekas justru meningkat sekitar 5 persen dan berada di kisaran harga Rp 146 juta.
Menariknya, meski secara umum permintaan mobil terus mengalami penurunan setelah pengumuman kasus Covid-19 pertama di Indonesia, dengan merek mobil Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia mengalami penurunan permintaan sekitar 50-60 persen hingga minggu pertama bulan Ramadan 2020, permintaan atas mobil mewah, seperti Toyota Fortuner, Toyota Alphard dan Mitsubishi Pajero Sport hanya mengalami penurunan sekitar 30 persen. “Pandemik ini memang banyak memukul kelas menengah sehingga memang tipe mobil keluarga pilihan kelas menengahlah yang mengalami penurunan permintaan cukup signifikan,” jelas Ichmeralda.
(UDA)
"tren" - Google Berita
May 22, 2020 at 12:31PM
https://ift.tt/2zbifOQ
Covid 19 Ubah Tren Pembelian Mobil Bekas Jelang Lebaran - Medcom ID
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Covid 19 Ubah Tren Pembelian Mobil Bekas Jelang Lebaran - Medcom ID"
Posting Komentar