Search

Terpopuler - 500 Bintara Khusus akan Direkrut dari SMK

INILAHCOM, Jakarta - SDM Polri menggelar seleksi penerimaan anggota Polri. Ada 500 Bintara khusus yang akan direkrut oleh SDM Polri dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Untuk bintara ada dua jenis bintara yaitu bintara polisi tugas umum dan bintara dengan kompetensi khusus. Perbedaannya kalau bintara polisi tugas umum, kami ambil dari SMA umum. Kalau bintara dengan kompetensi khusus, ada lima bidang yang kami ambil. Ini bersumber dari SMK," ujar Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Arief Sulistyanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (18/4/2018).

Arief mengatakan bintara-bintara khusus ini dipilih berdasarkan lima bidang ilmu yaitu kimia, musik, penerbangan, pelayaran atau kemaritiman dan komputer.

Ia lalu menjelaskan soal tugas-tugas calon Bintara yang akan Direkrut dari SMK. Dalam bidang ilmu Kimia, para calon anggota Polri ini akan bertugas di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri. Lalu siswa bintara dari SMK musik akan bertugas di Korps Musik Polri.

"Sementara siswa dari SMK penerbangan akan bertugas di Direktorat Polisi Udara. Untuk siswa SMK pelayaran akan ditugaskan di Direktorat Polisi Perairan," kata Arief.

Untuk kuota di masing-masing bidang ini, SDM Polri telah menetapkan kuota tersebut. "SMK Kimia untuk analisis kimia, untuk di Labfor 50 orang, SMK Musik 50 orang untuk Korps Musik, SMK Penerbangan untuk Direktorat Polisi Udara 25 orang, SMK Pelayaran atau Kemaritiman 175 orang nanti akan ditugaskan pada kepolisian perairan," jelas Arief.

Untuk bidang keahlian komputer atau IT, SDM Polri merekrut 200 orang. Mereka akan ditempatkan di Direktorat Siber dan Divisi Humas Polri.

"Bintara teknologi dan informasi kami ambil dari SMK Komputer 200 orang. Untuk memperkuat jajaran Divisi Humas, Direktorat Siber, dan Teknologi Informasi," terang Arief.

Pada proses seleksi calon bintara tahun ini, sebanyak 3.381 orang mendaftarkan diri secara online sebagai bintara teknologi dan informasi. Sementara yang sudah lolos verifikasi dan pemeriksaan administrasi sebanyak 916 calon bintara.

Di bidang musik, 307 calon bintara mendaftar secara online dan 53 di antaranya lolos verifikasi dan pemeriksaan administrasi. Pada bidang kimia, 830 siswa SMK Kimia mendaftar secara online dan hanya 290 orang yang sudah lolos tahap verifikasi dan pemeriksaan administrasi.

Untuk bintara bidang penerbangan, ada 634 yang mendaftar online tetapi hanya 300 yang lolos tahap verifikasi dan pemeriksaan administrasi. Lalu pada bintara bidang pelayaran, terdapat 665 siswa SMK yang mendaftar online, tetapi hanya 261 orang yang lolos tahap verifikasi dan pemeriksaan administrasi.

Para bintara dengan kompetensi khusus ini sudah menjalani proses pemeriksaan psikologi sejak kemarin (17/4) hingga hari ini (18/4). Pengumuman lolos tahap pemeriksaan tes psikologi akan diumumkan besok, Kamis (19/4).

Selanjutnya mereka yang lolos tes psikologi akan menjalani tes kesehatan mulai dari 23 April hingga 4 Mei mendatang. Tahap selanjutnya adalah tes jasmani mulai 10 hingga 14 Mei nanti. Para bintara juga akan menjalani tes akademik pada 20 hingga 21 Mei 2018.

Selanjutnya, pada 26 sampai 29 Mei 2018, para bintara akan menjalani tes kesehatan kedua, yang diikuti dengan tes psikologi kedua pada 3 sampai 10 Juni 2018. Pengumuman akhir siswa yang lolos sebagai bintara dengan kompetensi khusus akan dilakukan 23 Juni 2018.

Setelah itu mereka akan menerima pendidikan awal bersama bintara polisi tugas umum di Sekolah Polisi Negara (SPN) masing-masing Polda selama 7 bulan mulai tanggal 7 Agustus 2018. [ton]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - 500 Bintara Khusus akan Direkrut dari SMK : https://ift.tt/2H6rTVs

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - 500 Bintara Khusus akan Direkrut dari SMK"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.