Search

Terpopuler - Harga Minyak Turun Respon Tarif Balasan China

INILAHCOM, New York - Harga minyak turun pada hari Jumat (23/8/2019) setelah China meluncurkan tarif pembalasan terhadap sekitar US$75 miliar barang AS, menandai eskalasi lain dari sengketa perdagangan yang berlarut-larut antara dua ekonomi terbesar dunia.

Minyak mentah berjangka Brent turun 50 sen, atau 0,8%, menjadi US$59,40 per barel. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun US$1,18, atau 2,1%, menjadi menetap di US$54,17 per barel.

Kementerian perdagangan China mengatakan akan mengenakan tarif tambahan 5% atau 10% pada total 5.078 produk yang berasal dari Amerika Serikat, termasuk produk pertanian seperti kedelai, minyak mentah dan pesawat kecil.

Sebagai balasan Presiden AS, Donald Trump mengatakan ia memerintahkan perusahaan-perusahaan AS untuk mencari cara untuk menutup operasi mereka di China dan membuat lebih banyak produk mereka di Amerika Serikat sebagai gantinya.

"Kami masih melihat kebuntuan perdagangan AS - China sebagai pertimbangan bearish utama yang kemungkinan akan membutuhkan penyesuaian permintaan minyak tambahan saat tahun ini berlangsung," kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates seperti mengutip cnbc.com.

Investor juga fokus pada pidato Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell pada simposium ekonomi tahunan di Jackson Hole, Wyoming.

Ekonomi AS berada di "tempat yang menguntungkan" dan Federal Reserve akan "bertindak sesuai" untuk menjaga ekspansi ekonomi saat ini di jalurnya, kata Powell.

Pernyataan itu memberikan sedikit petunjuk tentang apakah bank sentral akan memangkas suku bunga pada pertemuan berikutnya atau tidak.

Sementara itu, Presiden Bank Sentral Federal Reserve St. Louis James Bullard mengatakan para pembuat kebijakan akan memiliki "debat yang kuat" tentang pemotongan suku bunga AS setengah poin persentase pada pertemuan kebijakan berikutnya pada bulan September.

Memburuknya kekhawatiran atas kemungkinan resesi, industri manufaktur AS mencatat bulan pertama kontraksi mereka dalam hampir satu dekade.

"Beberapa menyalahkan nada ragu-ragu (untuk harga minyak) pada jeda akhir musim panas. Namun, sebenarnya, perasaan gelisah berasal dari kekhawatiran yang sedang berlangsung tentang ekonomi global, "kata Stephen Brennock dari broker minyak PVM.

Ketegangan di Timur Tengah juga membuat para investor tetap cemas. Menteri luar negeri Iran mengatakan pembicaraan yang diadakan pada hari Jumat dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang perjanjian nuklir 2015 yang penting adalah "produktif"

Iran telah mengatakan akan mengurangi kepatuhan terhadap pakta tersebut kecuali jika orang-orang Eropa menemukan solusi yang memungkinkan Teheran untuk menjual minyaknya terlepas dari sanksi AS.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Harga Minyak Turun Respon Tarif Balasan China : https://ift.tt/2NrD5hn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Harga Minyak Turun Respon Tarif Balasan China"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.