KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang mengeluhkan pendingin atau air conditioner (AC) di rangkaian Kereta Api (KA) Airlangga bocor dan hanya dilakban, ramai di media sosial.
Unggahan tersebut dibuat oleh akun media sosial X (dulu Twitter) @tanyarlfes, Senin (18/3/2024) malam.
Melalui unggahan, warganet mengaku sudah lapor petugas, tetapi hingga setengah jam berlalu tak kunjung ada tindakan.
"AC bocor netes di kursi penumpang KA Airlangga/235 Surabaya-PSE," tulis pengunggah.
Dia kemudian mendatangi ruang perawatan di kereta api dan mendapati petugas yang asyik bermain gim.
Petugas juga disebut hanya menempelkan lakban pada perangkat AC guna memperbaiki kebocoran, yang ditampilkan dalam sebuah unggahan foto.
"Saking keselnya gue samperin ke ruang maintenance. Kalian tau apa?? Petugasnya lg asik main game. dan dia ngakalin bocor CUMA DILAKBAN," katanya.
Lantas, bagaimana tanggapan PT Kereta Api Indonesia (KAI)?
Baca juga: Ramai soal Perusahaan KA Polandia Menggunakan Logo Mirip KAI, Ini Tanggapan KAI
AC bocor hanya saat KA miring
Vice President (VP) Public Relations PT KAI Joni Martinus membenarkan kejadian AC bocor di KA (235) Airlangga relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen seperti pada unggahan X.
"Kejadian untuk kereta keberangkatan Senin (18/3/2024)," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/3/2024).
Joni mengatakan, salah seorang penumpang KA Airlangga tersebut memang melaporkan adanya AC bocor di kereta ekonomi 5.
Namun, kebocoran hanya berlangsung saat kereta api dalam kondisi miring. Laporan tersebut juga sudah ditindaklanjuti oleh petugas teknisi kereta api dan dinyatakan aman.
"Petugas yang berdinas di KA tersebut telah menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada penumpang tersebut," terang Joni.
Dia menambahkan, keputusan teknisi untuk menutup AC yang bocor dengan lakban hanya sebagai upaya perbaikan sementara.
Kendati demikian, tidak ada lagi kebocoran sepanjang perjalanan karena AC hanya menetes saat posisi miring.
"Dan sesampai di stasiun tujuan lansung ditindaklanjuti oleh petugas teknisi, sehingga AC sudah kembali normal," kata Joni.
Baca juga: Sistem Waiting Room Bikin Calon Penumpang Susah Dapat Tiket Kereta, Ini Solusi dari KAI
KAI tindaklanjuti dugaan petugas main gim
Sementara itu, berkenaan dengan dugaan petugas yang lambat menangani karena bermain gim, Joni mengaku akan segera menindaklanjuti.
Jika terbukti seperti dugaan penumpang, maka pihaknya akan memberikan pembinaan lebih lanjut terhadap yang bersangkutan.
Dia pun menambahkan, KAI akan segera melakukan evaluasi dan perbaikan menyeluruh atas kebocoran AC serta fasilitas-fasilitas KA lainnya.
"Kami atas nama manajemen KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami," tutur Joni.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel."tren" - Google Berita
March 19, 2024 at 01:30PM
https://ift.tt/nfzXW5S
Penumpang Keluhkan AC KA Airlangga Bocor tapi Cuma Dilakban oleh Petugas, KAI Beri Penjelasan - Kompas.com - KOMPAS.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/Nc0BQd8
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Penumpang Keluhkan AC KA Airlangga Bocor tapi Cuma Dilakban oleh Petugas, KAI Beri Penjelasan - Kompas.com - KOMPAS.com"
Posting Komentar