Search

Airlangga: Tren yang Baik, Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Meningkat - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyebut, realisasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN) terus meningkat dan kini telah mencapai 25 persen.

Ia pun menilai, perekonomian Indonesia masih tergolong baik jika dibandingkan negara-negara lain di tengah pandemi Covid-19.

"Terkait perekonomian kita melihat ada tren yang baik, di mana dari pagu Rp 695 triliun untuk PEN, ini realisasinya sudah meningkat menjadi 25 persen," kata Airlangga usai rapat bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (24/8/2020).

Baca juga: Airlangga: Pemerintah Fokus Akselerasi Realisasi Anggaran Program Strategis Penanganan Covid-19

Ia pun mengatakan, perekonomian Indonesia berpotensi tumbuh positif di kuarta III. Hal itu bisa tercapai bila realisasi penyerapan anggaran PEN terus meningkat hingga 100 persen.

Ia juga menyampaikan, jika ada anggaran PEN yang tak terserap di kementerian atau lembaga, harus dialihkan program penunjang produktivitas seperti bantuan modal kerja bagi pelaku Usama Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Selain itu, Airlangga melihat, ada 36 persen perusahan di bursa efek yang membukukan keuntungan 36 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

"Beberapa sektor, sektor keuangan misalnya, informasi komunikasi, juga terkait dengan pertanian dan perkebunan masih positif. Apalagi didukung harga komoditas yang sudah membaik. Baik harga minyak, harga nikel, logam mulia, atau kelapa sawit," ujar Airlangga.

Baca juga: Neraca Dagang RI Surplus 3,26 Miliar Dollar AS, Airlangga: Tertinggi Sejak Agustus 2011

"Sehingga kita harap ekspor kelapa sawit sampai akhir tahun angkanya tidak berbeda dengan tahun lalu. Inilah yang membangkitakn optimisme bahwa kita bisa melampaui krisis Covid19 dan PEN secara beriringan," ucap dia.

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
August 25, 2020 at 05:43AM
https://ift.tt/31pNzV9

Airlangga: Tren yang Baik, Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Meningkat - Nasional Kompas.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Airlangga: Tren yang Baik, Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Meningkat - Nasional Kompas.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.