Search

Terpopuler - Dililit Utang, Dokter Beri Modal Bikin Uang Palsu

INILAHCOM, Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap seorang dokter bernisial AP (39) yang diduga menjadi pemodal produksi uang palsu (upal) pecahan Rp100 ribu di DKI Jakarta.

Wadir Dittipideksus Kombes Daniel Tahi Silitongga menyebut aksi AP melakukan hal itu karena terlilit utang. Selain AP, Bareskrim juga menangkap 3 pelaku lainnya yakni AK (56), AD (62), dan AM (35).

"Alasannya dia terlilit utang. Sering didatangi debt collector yang menagih utang. Jadi AP butuh uang cepat," kata Daniel di Gedung KKP, Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2018).

Daniel menjelaskan AP menyediakan uang sebesar Rp250 juta sebagai modal untuk membuat upal. Uang itu kemudian diserahkan kepada AK dan selanjutkan uang itu dipegang AD untuk dicetak.

"Setelah uang palsu itu dicetak dan diedarkan oleh AK dan AP," ucap Daniel.

Daniel mengungkapkan jaringan ini sudah beroperasi sejak 2015 lalu. Jaringan yang dimodali seorang dokter ini membuat uang palsu pecahan Rp5 ribu, dan sejumlah dollar palsu dari Singapura dan Real Brazil.

"Jelas ada pemesannya (soal uang palsu Singapura dan Brazil). Sedang kami dalami," ungkap dia.

AP dan AK ditangkap di parkiran stasiun Gambir pada Senin (16/4) lalu. Dalam penangkapan tersebut, Bareskrim menyamar sebagai pembeli uang palsu. Dari tangan pelaku.

Sejumlah barang bukti pun disita diantaranya 600 lembar uang palsu pecahan Rp100 ribu, satu ponsel, satu sepeda motor merek Honda Beat berikut STNK dan kunci motor.

Dari keterangan AP dan AK, pada Selasa (17/4) polisi menangkap tersangka AD dan AM di Pandeglang, Banten. Dari tangan AM dan AD berhasil mengamankan mesin pencetak upal.

Atas perbuatannya, para pelaku diancam dengan Pasal 36 ayat 1 dan ayat 2, dan ayat 3. Pasal 37 UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang 30 55 KUHP. Mereka terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara. [ton]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Dililit Utang, Dokter Beri Modal Bikin Uang Palsu : https://ift.tt/2EXcW2i

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Dililit Utang, Dokter Beri Modal Bikin Uang Palsu"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.