Search

Terpopuler - Data Ekonomi AS Picu Harga Emas di Rekor Tertinggi

INILAHCOM, New York - Harga emas berjangka mencapai puncaknya hampir dua pekan pada hari Kamis setelah data ekonomi yang lemah dari Amerika Serikat meningkatkan ekspektasi untuk penurunan suku bunga oleh Federal Reserve, sementara platinum melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari tiga pekan terakhir.

Spot gold naik 0,7% menjadi US$1.501,97 per ounce, setelah mencapai level tertinggi sejak 11 Oktober di US$1.501,89 pada awal sesi. Emas berjangka AS menetap 0,6% lebih tinggi pada US$1.504,70 per ounce.

"Benjolan yang kami dapatkan sekarang adalah karena kehilangan nomor barang tahan lama di AS," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures seperti mengutip cnbc.com.

"Kami mengalami beberapa kesalahan dalam beberapa minggu terakhir pada angka-angka ini, baik itu penjualan eceran atau barang tahan lama, dan beberapa nomor PMI. Secara keseluruhan, itu memberikan dukungan untuk penurunan suku bunga lain dari The Fed sebelum akhir tahun."

Pesanan baru untuk barang-barang modal utama buatan AS turun lebih dari yang diharapkan pada bulan September dan pengiriman juga menurun, data menunjukkan.

Juga menambah kekhawatiran terhadap kesehatan ekonomi global, aktivitas bisnis zona euro mengalami stagnasi pada Oktober karena permintaan melemah, menurut sebuah survei yang diterbitkan pada hari Kamis.

Bank-bank sentral secara global menghadapi tekanan yang meningkat untuk membagikan dukungan moneter untuk ekonomi yang lesu karena sengketa perdagangan AS-China terus mengambil korban pada perdagangan dan sentimen bisnis.

The Fed telah memangkas suku bunga dua kali tahun ini dan investor saat ini melihat pengurangan lain dalam biaya pinjaman ketika para pembuat kebijakan bertemu pekan depan.

Suku bunga AS yang lebih rendah memberikan tekanan pada dolar dan imbal hasil obligasi, meningkatkan daya tarik emas yang tidak menghasilkan.

"Satu hal yang akan membantu mendorong emas lebih tinggi adalah hasil. Saya rasa tren penurunan untuk imbal hasil akan berlanjut karena pada dasarnya, tidak ada yang berubah," kata Fawad Razaqzada, analis pasar Forex.com.

"Kami masih melihat bank sentral menyampaikan pesan dovish di seluruh papan dan yang seharusnya menjaga hasil di bawah tekanan jangka panjang," katanya.

Sebelumnya pada hari itu, Bank Sentral Eropa membiarkan suku bunga utama tidak berubah.

Di antara logam mulia lainnya, platinum naik 0,7% menjadi US$921,08 per ons, setelah naik ke level tertinggi sejak 30 September.

"Platinum juga diharapkan mendapat manfaat dari dampak positif dari emas. Namun, stok yang cukup besar dan meningkat di atas tanah akan tetap menjadi angin sakal selama sisa tahun 2019 dan pada tahun 2020," kata Logam Fokus dalam catatan mingguan.

Palladium, yang mencapai rekor tertinggi US$1,783.21 minggu lalu, naik 1,7% menjadi US$1,771.42 per ounce. Perak melonjak 1,4% menjadi US$17,79.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Data Ekonomi AS Picu Harga Emas di Rekor Tertinggi : https://ift.tt/2Jj3AD1

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Data Ekonomi AS Picu Harga Emas di Rekor Tertinggi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.